Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review : Ghost Writer (2019)


“Lemes amat kayak nggak ada semangat hidup.”

“…”

“Semangat mati!”

“…”

“Ya semangat lah pokoknya.”

Seorang kawan pernah bersabda, “dari semua genre film, komedi dan horor termasuk yang paling sulit dibikin sebab tawa dan takut itu subjektivitasnya paling tinggi.” Berhubung saya kerap menjumpai situasi dimana beberapa sahabat maupun pembaca ulasan mengajukan keberatan dengan menyatakan “ini nggak serem ah! Ini nggak lucu ah!” sementara aku merasakan sensasi lucu dan angker begitu juga dengan banyak penonton di bioskop, aku pun mengangguk setuju. Lebih sukar menjumpai film dari dua genre ini yang memperoleh resepsi bagus secara universal ketimbang genre lain semisal drama atau laga. Maka begitu mendengar Bene Dion Rajagukguk (sebelumnya menulis skrip untuk Suzzanna Bernafas dalam Kubur dan Stip & Pensil) mencoba untuk menggabungkan genre komedi dengan horor dalam debut penyutradaraannya, Ghost Writer, aku terang terkedjoet. Sebuah upaya yang terang sangat berani terlebih jarang-jarang ada sineas dalam negeri yang mampu mengeksekusinya dengan baik. Malah, masih segar di ingatan, tandem ini memberi ‘mimpi buruk’ di permulaan kurun 2010-an saat marak diluncurkan film komedi horor berkualitas alamakjang yang membuat penonton lari tunggang langgang menjauhi bioskop. Menengok jejak rekam Bene, tentu sulit untuk membayangkan dia akan menggarapnya sesuka hati walau terang ada sebersit keraguan di benak karena mirip telah dijabarkan sebelumnya, ini bukan perpaduan yang gampang. Jika Bene berhasil menaklukkannya, sudah barang tentu beliau seketika bergabung dalam jajaran “sutradara yang harus kau perhatikan.”

Ghost Writer yang didasarkan pada naskah racikan Nonny Boenawan (murid binaan sang produser, Ernest Prakasa, dalam kelas penulisan skenarionya) bersama Bene ini menempatkan seorang penulis bernama Naya (Tatjana Saphira) sebagai aksara utama. Usai tiga tahun lampau merilis sebuah novel yang disambut dengan sangat hangat oleh publik maupun kritikus, Naya tak kunjung terlepas dari kebuntuan pandangan baru yang menyulitkannya untuk mengkreasi karya anyar. Ini menjadi dilema besar bagi Naya tatkala uang tabungannya semakin menipis sementara kebutuhan hidup terus meronta-ronta termasuk menyekolahkan sang adik, Darto (Endy Arfian), yang sebentar lagi mengenyam dingklik SMA. Writer’s block yang kerap menghantui Naya ini alhasil memperoleh solusi selepas Naya tanpa sengaja menemukan sebuah buku harian tua yang tergeletak di loteng. Dalam buku harian tersebut, Naya mendapati serentetan curahan hati bernada kelam, muram, serta penuh amarah dari si pemilik yang lantas menginspirasinya untuk diterjemahkan ke dalam bentuk prosa. Belum juga proses penulisan berjalan, Naya dikejutkan oleh kehadiran sesosok hantu, Galih (Ge Pamungkas), yang mengaku sebagai pemilik buku harian tersebut. Galih menolak dongeng masa lalunya yang merana dimanfaatkan oleh Naya untuk meraup untung. Berhubung Naya tengah membutuhkan uang, ia pun bernegosiasi dengan Galih yang belakangan bersedia membantunya. Tapi usaha menuntaskan novel ini tidak lantas berlangsung gampang karena terdapat hantu lain yang berupaya untuk menyingkirkan Naya.  


Premis menggelitik berbunyi, “bagaimana balasannya jika ternyata ada ghost writer (penulis sewaan yang namanya tidak dicantumkan dalam kredit) yang beneran ghost?”, yang diajukan oleh Ghost Writer nyatanya tak berakhir dengan sia-sia. Bene menunjukan bahwa beliau yaitu sutradara pendatang gres yang sangat layak untuk diperhitungkan di era mendatang melalui kemahirannya memadukan tiga elemen berlainan: komedi, horor, serta drama. Memang betul teror yang dikedepankan oleh film ini tidak akan membuatmu mengkerut di dingklik bioskop alasannya adalah sebatas di level “ramah keluarga” dan tujuan utamanya pun bukan untuk menakut-nakuti penonton melainkan untuk menggerakkan narasi. Jika ada satu adegan paling mengerikan yang bisa kamu jumpai di sini, maka itu bekerjasama dengan pintu digedor-gedor dikala sedang nikmat-nikmatnya membuang hajat. Tanpa keterlibatan hantu sekalipun, kejadian semacam ini telah menawarkan definisi yang bantu-membantu atas kata ‘horor’ di dunia kasatmata (ciyus!). Terdengar lawak? Begitulah semangat yang dijunjung tinggi oleh Ghost Writer. Berhubung Bene mempunyai latar belakang sebagai komika, saya tidak terperanjat begitu mendapati kandungan komedi lah yang paling pekat di sini. Tidak semuanya tersampaikan secara efektif, bahkan ada kalanya terasa mendistraksi mirip duo Arie Kriting-Muhadkly Acho yang porsi tampilnya cenderung berlebih dan semestinya mampu dihibahkan kepada aksara Bening (Asmara Abigail) yang kurang mendapat sorotan. Namun dikala guyonan tersebut mengenai sasaran, bersiaplah untuk tergelak-gelak. Satu paling membekas di benak saya terperinci adegan chatting yang menjadi awal mula terbentuknya interaksi antara Naya dengan Galih. Sebuah interaksi lucu yang secara perlahan tapi pasti berubah menjadi hangat seiring berjalannya durasi.

Ya, Naya dan Galih membentuk relasi lintas alam yang bersifat simbiosis mutualisme. Ketimbang mendera para penghuni rumah dengan teror hingga mereka terbirit-birit, Galih menentukan untuk berkawan dengan Naya. Pemicunya tidak dilandasi oleh cinta – Naya dikisahkan telah menjalin kekerabatan serius dengan seorang pemeran bernama Vino (Deva Mahenra) – melainkan oleh kepedulian. Saya tidak akan menjabarkan secara detil mengenai latar belakang keduanya demi efek kejut. Yang terang, Bene menawarkan kepekaannya dalam meramu momen dramatik dengan memberi perhatian lebih terhadap tumbuh kembangnya hubungan dua aksara ini. Galih tidak ujug-ujug muncul kemudian mengiyakan penawaran Naya, tapi ada proses yang membawanya ke titik tersebut. Sebuah proses yang dijabarkan secara hati-hati sehingga tanpa sadar kita kesannya bersimpati kepada mereka. Adanya kepedulian terhadap abjad-abjad inti inilah yang menciptakan saya tak kuasa menahan air mata tatkala si pembuat film mengungkap sebuah kebenaran yang sekaligus bertujuan untuk menyampaikan pesan besar kepada penonton mengenai keluarga. Damn! Kesanggupan Ghost Writer dalam memenuhi potensinya ini tidak saja disebabkan oleh naskah beserta penyutradaraan yang solid, tetapi juga berkat permainan akting dari jajaran pemain yang mengagumkan. Tatjana Saphira membentuk chemistry padu bersama Ge Pamungkas yang rupanya hebat bersedu sedan, Deva Mahenra memberi keriaan sebagai pemain film sinetron yang lebay, dan Endy Arfian tampil lucu sebagai adik Naya yang penakut.   

Exceeds Expectations (3,5/5)


Post a Comment for "Review : Ghost Writer (2019)"